KONTAK SAYA

eMail Twitter Facebook

TELUSURI

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rabu, 02 Juni 2010

Pengertian

Pengertian IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umjum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dan bertujuan untuk mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaann dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan yag menyangkut kedua hal tersebut, mengusahakan agar mahasiswa calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
Ilmu Budaya Dasar dibagi atas 3 kelompok yaitu:
1. Ilmu-ilmu Alamiah (Natural science),yaitu bertujuan mengetahui keteraturan- keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2. Ilmu-ilmu Sosial (Social science), yaitu bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
3. Pengetahuan Budaya (the humanities), yaitu betujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Persamaan antara IBD dan IPS adalah
1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
2. Kedua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan social dan masalah social.
Perbedaan antara IBD dan IPS adalah :
1. IBD diberikan di Perguruan Tinggi, dan IPS diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2. IBD merupakan salah satu Matakuliah tunggal sedangkan IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran
3. IBD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada Pembentukan pengetahuan dan keterampilan.
Masalah pokok IBD adalah :
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi masing-masing keahlian didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang)berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang salah satu atau universal, kan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar